proposal usaha VEPIE "vegetable Pie"

shares |

     PROPOSAL USAHA
“VEPIE”


Disusun Oleh:
1.       Ananda Putri
2.       Fenida Fitri
3.       Intan Fitriana
4.       Siti Maesaroh
5.       Syifa Fauziah
6.       Widia Dewi Ismi Salam

POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS DEPOK
Jl. Margonda Raya No. 274
2016/2017



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      1.1   Latar Belakang
Sayuran merupakan makanan sehat dan bergizi. Sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral, contohnya  vitamin A pada wortel, karbohidrat pada kentang, dan masih banyak lagi kandungan pada sayuran, sayuran bermanfaat untuk kesehatan manusia. Sayur kebanyakan dikonsumsi setelah melalui proses memasak, walaupun terdapat beberapa sayur yang tidak melalui proses memasak seperti selada, kemangi, dan lain-lain. Sayuran memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, diantaranya membantu perkembangan tubuh anak, menjaga kesehatan organ-organ tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar peredaran darah, dan sebagainya.
Selain untuk kesehatan, sayuran baik untuk diet. Banyak wanita yang menggunakan sayuran sebagai menu diet sehat. Hal ini dikarenakan dengan serat yang terkandung pada sayuran dapat menunda rasa lapar seseorang. Rasa lapar tersebut tertunda karena serat yang terkandung oleh sayuran tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga akan menempati ruang di lambung. Manfaat yang dikandung oleh sayuran sangat banyak tidak hanya untuk kesehatan akan tetapi juga untuk kecantikan. Namun walaupun begitu, masih terdapat sejumlah orang yang kurang menyukai sayuran, terutama sayuran hijau. Adapun faktor penyebab sayuran kurang disukai yaitu diantaranya tata cara penyajian yang tidak bervariasi, rasa sayuran tertentu yang kurang disukai, bentuk penyajian yang kurang menarik, rasa sayur yang berserat, dan lain-lain.
Kategori berdasarkan umur yang tidak menyukai sayur dapat diurutkan secara membesar sebagai berikut yaitu remaja, anak-anak, dewasa dan orang tua. Berdasarkan kategori tersebut tiga peringkat teratas adalah remaja, anak-anak dan dewasa. Sedangkan pada tiga peringkat teratas tersebut adalah usia-usia produktif dan calon-calon tunas bangsa berikutnya yang perlu diberikan nutrisi yang bergizi tinggi dan sehat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan otak.
Maka dari itu, hal tersebut mendasari kami untuk menciptakan pie berbahan dasar sayuran, guna untuk menarik perhatian orang-orang yang tidak menyukai sayuran agar dapat menyukai sayuran, dengan tampilan yang baru dan juga menarik.


 BAB II
COMPANY PROFIL
2.1. Deskripsi Umum Perusahaan
Nama Perusahaan    :    Wins Company
Tanggal Berdiri        :    01 Maret 2017
Alamat Perusahaan  :    Jl Kembang Beji No 73 Depok
Jenis Perusahaan      :    Home Industry
Jumlah Karyawan     :    6 Orang
Produk                      :    Pie

2.2. Riwayat Perusahaan
Wins Company bergerak di bidang kuliner berbahan baku sayuran, wins company di dirikan pada tanggal 1 Maret 2017 di Jl Kembang Beji No:73 Depok, kami memilih nama Wins yang dalam bahasa inggris memiliki arti “Menang” dalam hal ini kami berharap akan selalu menjadi pemenang diantara pesaing-pesaing yang lain.


2.3. Misi dan Visi Perusahaan

Ø Misi
Membantu meningkatkan minat konsumen terhadap sayuran melalui produk yang disajikan.

Ø  Visi
1.      Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan diproduksi (makanan).
2.      Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor tradisional.
3.      Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal.
4.    Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi perusahaan makanan yang besar di Indonesia.

2.4. Struktur Organisasi
Job Deskription
Owner
a.      Mengontrol, mengawasi, mengatur dan membantu segala kegiatan dalam usaha.
b.      Menetapkan garis-garis kebijakan perusahaan, menetapkan tujuan perusahaan.
c.       Menetapkan target dari setiap penjualan
d.      Berhak meminta penjelasan atas apa yang dilakukan diluar  kebijakan
yang telah ditetapkan dari setiap bagian yang ada  dibawahnya.
Produksi
a.      Mengatur waktu pekerjaan agar sesuai dengan waktu pengiriman.
b.      Mengatur posisi pengawas kualitas di masing-masing titik pekerjaan.
Memberikan harga produksi untuk kepentingan marketing dalam membuat harga jual.
Keuangan
a.      Membuat bukti pembayaran pelanggan
b.      Mengelola dana yang dibutuhkan selama kegiatan produksi
c.       Membuat laporan akhir
d.      Membuat laporan laba rugi perusahaan
Marketing
a.      Menawarkan produk kepada pelanggan
b.      Memfollow up order dari pelanggan
c.       Memproses order dari pelanggan
d.      Membuat surat perintah kerja
                                                                                   


BAB III
STRATEGI PEMASARAN

3.1.            Segmentasi pasar
3.1.1. Segmentasi Geografis
Vepai ini kami pasarkan dari wilayah depok , ekspektasi kami adalah memasarkan ke daerah jabodetabek bahkan jika bisa keseluruh rakyat indonesia agar masyarak indonesia mengonsumsi sayuran dengan cukup
3.1.2. Segmentasi Demografis
Vepai di buat untuk segala usia yang ingin mengkonsumsi sayuran dengan nikmat.
3.1.3. Segmentasi Psikografis
Vepai ditujukan untuk semua kalangan sosial, tidak hanya kalangan sosial menengah keatas, tetapi kalangan menengah kebawah juga bisa menikamti vepai karena harga yang terjangkau dengan harga pasar Rp 10.000,-.


3.2.            Analisa SWOT
3.2.1. Strength
a)   Vepai memiliki keunggulan rasanya yang enak seperti fast food di restoran cepat saji tapi mengsandung bahan bahan yang sehat dan tidak memiliki dampak buruk pada kesehatan .
b)   Harga yang lebih terjangkau
Harga vepai ini sangat terjangkau untguk makanan sehat juga enak , yaitu Rp. 10.000 /vepai
3.2.2. Weakness
a)      Produk ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas , oleh karena itu kami masih memasarkannya .
b)      Produk kami ini tidak tahan lama dan tidak bisa dipasarkan di luar Jabodetabek . namun kami masih berusaha agar dapat memasarkannya ke seluruh masyarakat indonesia
3.2.3. Opportunity
Masyarakat dan anak anak banyak yang menyukai rasa pizza jadi kami membuat produk ini terasa seperti pizza namun mengandung banyak sayuran .
3.2.4. Threat
a)   Muncul pesaingan baru
b)   Mudah ditiru oleh pesaing


3.3.  Bauran Pemasaran
3.3.1. Place
Lokasi yang dipilih adalah lokasi yang sangat strategis bagi kami, yaitu lokasi yang berdekatan dengan daerah kampus maupun dikampus itu sendiri. Jadi kami menetapkan target konsumen utama kami adalah mahasiswa/i yang berjiwa muda dan selalu menginginkan  hal yang berbeda serta kami juga menargetkan menjual produk kami dengan membuka stand diberbagai tempat seperti seperti halnya GDC yang ramai dikunjungi semua orang dari berbagai kalangan pada hari libur.
3.3.2. Produk
1.    Product variety
Varietas dari produk kami adalah vegetable pie yang sehat dan juga nikmat dengan kemasan praktis dan higienis .
2.      Quality
Vepai yang kami buat terbuat dari roti berkarbohidrat dengan sayur wortel,buncis,dan kentang yang banyak mengandung vitamin . selain itu kami menggunakan keju chedar dan keju melt yang berkualitas dengan merk terkenal .
3.    Brand name
Kami akan memasarkan produk kami dengan nama VEPAI karena nama ini menarik dan sesuai dengan produk nya yang berbentuk pie .
4.    Packaging
Untuk pengemasan, 1 wadah toples plastik bertutup dengan sendok dan saos didalam sehingga memudahkan konsumen .
2.      Warranties
Garansi yang kami berikan adalah rasa , kandungan , dan proses produksi yang higienis.
3.3.3. Promotion
1.    Advertising
Iklan kami berupa brosur, blog, dan media sosial.
2.    Sales promotion
Kami melakukan promosi dengan cara mengenalkan nya di media sosial dan menyediakan tester , hingga merekam reaksi orang yang sudah menkonsumsi vepai ini.
3.3.4. Price
Untuk rasa dan kualitas dari bahan bahan vepai kami menentukan harga yang murah yaitu Rp10.000 untuk 1 buah Vepai.



 Siti maesaroh AP202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar